Sunday, May 03, 2009

Tsunami, 22 Juli 2009

Isi Hoax:
believe it or not ... ...

There is a prediction that there will be another tsunami hitting on July 22nd. It is also when there will be sun eclipse. Predicted that it is going 2 be really bad and countries like Malaysia (Sabah & Sarawak), Singapore, Maldives, Australia, Mauritius, Si Lanka, India, Indonesia, Philippines, Japan and Certain Costal Parts of China are going 2 be badly hit. Please try and stay away from the beaches in July. Better 2 be safe than sorry. Please pass the word around. Please also pray for all beings."



Komentar:

Sampai saat ini belum ada teori atau metode sains yang sanggup memperkirakan secara meyakinkan waktu dan tempat terjadinya gempa dan tsunami.

Prediksi tsunami sampai saat ini memang bisa dilakukan. Tetapi ini hanya bisa dilakukan apabila telah terjadi gempa yang berpotensi tsunami. Alat yang bernama InaTEWS (Indonesia Tsunami Early Warning System) akan bisa memberikan peringatan akan tsunami hanya dalam waktu 5 menit sesudah terjadi suatu gempa yang berpotensi tsunami.

Mengenai kemungkinan terjadinya gerhana matahari pada tanggal tersebut yang mana matahari-bulan-bumi berada pada satu garis, tetap saja tidak ada dasar untuk prakiraan gempa dan tsunami. Dr Thomas Djamaluddin, Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) kepada Kompas, Kamis, 23 April 2009, (mengatakan:

"Kalau benar di wilayah itu tertumpuk energi yang belum dilepaskan pada gempa-gempa sebelumnya, potensi gempa yang dipicu oleh pasang surut maksimum bulan-matahari tidak perlu menunggu 22 Juli 2009 karena setiap bulan baru dan bulan purnama punya potensi untuk memicu pelepasan energi berupa gempa"

Sumber:
http://groups.google.com/group/khuntongsquare/browse_thread/thread/492b64d21eea93c5
http://groups.google.com/group/Suara-Minoritas/browse_thread/thread/89802c9971851eaf#
http://kompas.co.id/read/xml/2009/04/23/19283675/bohong.isu.tsunami.22.juli
http://www.kompas.com/read/xml/2008/11/11/11380849/inatews.deteksi.tsunami.5.menit.setelah.gempa

Sumber gambar:
http://groups.google.com/group/khuntongsquare/browse_thread/thread/492b64d21eea93c5

5 comments:

Nicolaus Edwin said...

satu lagi yang aneh dari hoax ini:
disitu dibilang lokasi gempanya di deket jepang, tapi anehnya, efeknya bisa sampe ke srilanka, india dll.. kalo emang bener, berarti negara2 di asia tenggara, kaya singapore, malaysia, thailand, bakal abis rata....

bikin hoax ga dipikir2 ni.. hehe...

Khaidi Wong said...

@nicolaus edwin:
Betul sekali analisanya. Thanks atas komentarnya!

Anonymous said...

Yah kita lihat aja nanti bener apa tidaknya :)
Mungkin Tuhan punya rencana lain...

Anonymous said...

lagian nulisnya kok distaster quake...mana2 juga disaster, buru2 malah typo... ;-)

Khaidi Wong said...

@anonymous-1, mari kita mendoakan yang terbaik bagi semua umat manusia

@anonymous-2, anda teliti sekali, salah satu ciri detektif hebat. Cool!