Thursday, May 07, 2009

Teh Botol Sosro Mengandung Racun Hydroxylic Acid

Isi Hoax:
Waspada, Teh Botol Sosro Racunnya Teh Marini tidak mengerti kenapa anaknya bertingkah aneh malam itu, terus-terusan rewel. "Rasanya dia tidak sakit apa-apa." Sudah tiga dokter yang dia temui, semuanya menunjukkan gejala kecanduan yang akut. Tapi kecanduan apa, anaknya belum bisa bicara, bagaimana dia bisa cari tahu? Sampai akhirnya dia menemukan berita mengenai kandungan berlebihan hidroxylic acid (atau nama resminya dalam format IUPAC adalah dihidrogen monoksida) di dalam Teh Botol Sosro dari internet. Ia langsung ingat, anaknya tadi siang baru saja menghabiskan tiga botol teh yang dibungkus dalam berbagai kemasan dan merk ini.

Celaka!
Ya, selama ini orang menganggap Teh Botol Sosro dibuat dari daun teh alami seperti yang diiklankan. Nyatanya itu semua bohong, daun teh hanyalah sebagian kecil dari bahan utama. Hidroxylic acid lah yang bertahun-tahun telah dipakai sebagai bahan utama teh botol sosro, sehingga menyebabkan teh ini terasa lebih enak daripada merk-merk lain. Scientist dari seluruh Universitas terkenal di Amerika sepakat, tanpa kita sadari hydroxylic acid sudah menguasai industri makanan. Dengan adanya hydroxylic acid, rasa pahit yang sering muncul bila kita memakai pemanis buatan bisa hilang tidak bersisa. Nyaris tidak ada makanan dan minuman olahan yang tidak disentuh bahan ini. Dalam batasan wajar memang bisa berguna bagi tubuh kita, dan tubuh kita punya mekanisme untuk menetralisir kelebihan zat ini. Namun begitu melebihi ambang batas, tidak ada satupun manusia yang bisa selamat.

Gejala kelebihan hydroxylic acid meliputi pusing, diare, pecahnya sel-sel tubuh (plasmolisis) , bahkan jika konsentrasinya di dalam tubuh naik signifikan, bisa menyebabkan rusaknya sel batang otak (neurolisis) dan kematian mendadak. Hal ini telah memusingkan banyak petugas medis di dunia. "Sedetik saja gejala kelebihan ini terlambat ditangani, nyawa pasien melayang," jawab Dr. Priyadi Handoko, ahli kesehatan dari IKDN.
Kalau sudah begini, pengobatannya bisa sampai jutaan rupiah. Lalu mampukah orang-orang seperti Marini menyembuhkan anaknya?

Yang membuat masalah ini jadi runyam adalah tidak adanya regulasi pemerintah tentang penggunaan hydroxylic acid dalam industri. Pemakaiannya tercampur baur. Data menunjukkan bahwa sebagian besar industri berbahaya memakai Hydroxylic acid. Reaktor nuklir, pabrik pupuk, pewarna tekstil, semua memakai bahan yang termasuk kategori senyawa kuat ini dalam konsentrasi tinggi. Bahkan beberapa tahun belakangan hydroxylic acid juga dipakai sebagai agen reaktif dalam pengangkatan minyak bumi. Dengan bantuan hydroxylic acid, sumur-sumur tua bisa kembali berproduksi.


Saat dihubungi, Humas PT Sosro tidak berkomentar banyak. "Kami sudah menggunakannya secara bertanggung jawab. Seluruh lini produk Teh Botol Sosro sudah lewat pengawasan badan POM". Masalahnya, berapa kadar hydroxylic acid dalam makanan yang bisa dianggap bertanggung jawab? Kenapa selama ini terkesan ditutup-tutupi dari sorotan publik? Saat pertanyaan itu diajukan, "Brak!", telepon dibanting.

Hydroxylic acid adalah simbol keangkuhan industri besar makanan. Penggunaannya tidak melalui transparansi yang jelas. Bahkan bahayanya tidak pernah diumumkan ke masyarakat.. Tutup matanya pemerintah terhadap isu ini wajar jika menimbulkan kecurigaan, berapa besar dana gelap yang sudah mengalir untuk menyembunyikan bau busuk isu hydroxylic acid? Merk apa saja yang sudah nekat memakai hydroxylic acid demi mendapatkan keuntungan besar?

Kini anak Marini masih tergolek di tempat tidur dengan menangis. Marini bingung, apa yang harus dilakukan sekarang. Untuk mengobati kecanduan anaknya, dia tidak punya biaya..


Komentar:
Hydroxylic Acid, atau dihidrogen monoksida adalah isitilah kimia untuk H2O, alias AIR!

Email hoax ini beredar secara illegal karena sebenarnya email tersebut hanyalah sebuah bahan diskusi tertutup mengenai Hoax Marketing dalam milis CCI (Creative Circle Indonesia) yang dibuat oleh Hariadhi untuk membahas tentang komunikasi menggunakan negative approach.

Pesan Hariadhi sang pembuatnya:
Buat yang menerima pesan dengan judul “Teh Botol Sosro: Racunnya Teh”, tolong abaikan email tersebut dan hapus dengan segera!
Sumber:
http://groups.yahoo.com/group/samaggiphala/message/69549
http://hariadhi.wordpress.com/tentang/
http://hariadhi.wordpress.com/2009/05/07/hydrocylic-acid-hoax-teh-botol-sosro/
http://hariadhi.wordpress.com/2009/05/07/hydroxylic-acid-itu-air/
http://hariadhi.wordpress.com/2009/05/07/permintaan-maaf-untuk-teh-botol-sosro/
http://hariadhi.wordpress.com/2009/05/07/hoax-marketing-a-conclusion/
http://www.sosro.com/Klarifikasi-Tehbotol-Sosro-Mengenai-HOAX-Hydroxilic-Acid.php
http://en.wiktionary.org/wiki/hydroxylic_acid

Sumber gambar:
http://id.wikipedia.org/wiki/Teh_Botol

Notes: Artikel ini merupakan kiriman dari Pak Louhan dan Ibu Lindawati untuk ditelusuri dan dimuatkan ke blog ini. Thanks ya!

14 comments:

Unknown said...

Jangan ikut sebarkan BERITA PALSU / HOAX

HOAX INI PENIPUAN : Hydrocylic Acid itu = AIR
PENCETUSNYA SUDAH MENGAKU (Silakan cek di google atau di situs resmi www.sosro.com)
Ini link pengakuan si pencetus :
http://hariadhi.wordpress.com/2009/05/07/hydrocylic-acid-hoax-teh-botol-sosro/

ini Link untuk buktikan Hoax tidak benar :
http://en.wikipedia.org/wiki/Dihydrogen_monoxide_hoax

Anonymous said...

sumpahhh hoax terlucuuuu

Hyroxylic Acid = Air

siapa sih yg ngarang cerita kayak gini

pengen gw toyor kepalanya hahaha

Khaidi Wong said...

@ismet, thanks atas sarannya. Hoax Hari Ini memang adalah blog yang dibuat dengan tujuan untuk MEMBANTAH hoax...

@anonymous, namanya Hariadhi. Anda bisa mengunjungi situsnya pada link yang kami berikan di bagian Komentar atas hoax ini. Saya juga menganggapnya sungguh kreatif. Jika Anda tertarik bagaimana suatu Hoax yang efektif dibuat, silahkan lihat di http://hericz.net/2006/02/belajar-membuat-hoax-sendiri/ yang kami muat pada bagian http://hoaxhariini.blogspot.com/2007/05/efek-optical-mouse.html. Namun kami memohon dengan sangat, janganlah membuat Hoax dan menyebarkannya, kasihan teman-teman kita yang kemudian mempercayainya.

Salam,
Team Hoax Hari Ini

Tolush said...

Hi…



Ada info penting banget nih.. Tahun ini Jawaban.Com kembali mengadakan event gede-gedean untuk Para Bloger Kristen, yaitu Christian Indonesian Blogger Festival 2009 (CIBfest 2009). CIBfest kali ini bertema "Menjadi Jawaban Melalui Kreativitas Yang Berdampak". Ada hadiah berupa uang tunai Rp. 15 Juta Rupiah untuk 3 orang pemenang.Pastikan kamu ikutan juga Writing Competitionnya, siapa tahu hasil tulisan kamu terpilih untuk dibukukan! Yupz, Jawaban.Com bekerjasama dengan PT. Elex Media Komputindo akan menerbitkan buku kumpulan karya finalis CIBfest. Kamu ingin ikut terlibat dalam event ini? Caranya gampang dan Gratis!!! Ayo buruan daftar!! Pendaftaran terakhir tgl 30 Agustus 2009 loh.. Jadi log on langsung ke www.cibfest.jawaban.com



Di tunggu yaaa….. God Bless…

thederydery said...

FACEBOOK BARU -BARU INI TELAH MENJADI SANGAT OVERPOPULATED. TIDAK SEDIKIT ANGGOTA YANG MENGELUH BAHWA FACEBOOK MENJADI SANGAT LAMBAT. CATATAN MENUNJUKAN BAHWA ALASAN YANG ADA DIKARENAKAN BANYAK NON-AKTIF ANGGOTA FACEBOOK. KAMI AKAN MENGIRIMKAN PESAN KESEKITAR UNTUK MELIHAT APAKAH ANGGOTA AKTIF ATAU TIDAK.

JIKA ANDA PENGGUNA FACEBOOK YANG AKTIF, SILAKAN MENGIRIMKAN PESAN INI KE 15 PENGGUNA FACEBOOK LAIN MENGGUNAKAN COPY-PASTE UNTUK MENUNJUKAN BAHWA ANDA ADALAH PENGGUNA FACEBOOK YANG AKTIF. APABILA ANDA TIDAK MENGIRIMKAN PESAN TERSEBUT MAKA DALAM WAKTU 2 BULAN FACEBOOK ANDA AKAN DIHAPUS TANPA RAGU-RAGU UNTUK MEMBUAT RUANG LEBIH BANYAK. TERIMA KASIH.

bagaimana dengan berita diatas ??

www.wewet.com said...

hidup HOAX... Emang HOAX yg keren...

Anonymous said...

Cintai produk sendiri, produk dalam negeri. Lebih alami, pakai pegawai mamang kita, ponakan, bibi, mbak Yu, pak lik, Bu De. dllll

w3in said...

seo company in india
seo services in delhi
god blog

loan counseling said...

wah, ternyata cuma HOAX aja ya

Search Engine Optimization said...

Could you email me with a few tips on how you made your website look this awesome , I would appreciate it.

Unknown said...

Klo berlebihan konsumsi Teh Botol sosro yg paling jelas penyakit ηγ̥∂ adalah Diabetes...

writers4you said...

Nice thanks for sharing such a informaitve Blog

Best Content Writing Agency, Services, Company In Delhi, Mumbai, India

Reputed Website, Professional, Freelance Content Writers in Delhi Mumbai India

John_content Writer said...

Very Informative blog and Keep trusting Webgross for delivering the best Content Writing Services Delhi

Amit Kumar said...

Awesome article, it was exceptionally helpful! I simply began in this and I'm becoming more acquainted with it better! Cheers, keep doing awesome! Ac Repair in Ahmedabad