Wednesday, May 07, 2008

Ring in Red


Isi Hoax:
7 Mei 2008 - dari SMS teman
Info dari JKT: Nomor ini 9846554 dan 666/ atau 0866 dan 0666 atau nomor berwarna merah, JANGAN DI ANGKAT!!! Uda ada 7 org yg mati setelah angkat nomor ini.. Kenyataan. Sebarkanlah ke keluarga & teman! Org blg lagi uji ilmu hitam.Sekilas info. Gbu.

8 Mei 2008 (versi 1) - dari ym teman
Mengenai "Ring In Red" yg terjadi di banyak negara, Kepala Research WHO "Prof Joao Xu Phd" telah menemukan bahwa kejadian tersebut bukan ilmu hitam, tapi merupakan bahaya yang sudah terbukti yg disebabkan pancaran radiasi tinggi signal GSM karena terjangkit VIRUS yang dipancarkan melalui media penerima signal spt Handphone. Penting untuk disampaikan kepada keluarga dan sahabat anda untuk sementara waktu menghentikan alat komunikasi yang memakai jaringan GSM. Yang termasuk jaringan GSM di Indonesia adalah Telkomsel, Satelindo, XL, dan sebagainya. Untuk CDMA sementara masih aman dari VIRUS.

8 Mei 2008 (versi 2) - dari email teman
Mengenai "Ring in Red" yg terjadi di byk negara Kepdik WHO "Prof.Dr.ADI MOK" telah menyatakan bahwa kejadian tersebut bukan ulah ilmu hitam.tapi radiasi infra merah yang sengaja dipancarkan secara berlebihan ke hp no.dituju,yg memang benar dpt menyebabkan penerima tewas beberapa saat setelah mendegar telp.walaupun tdk dijwb,hp yg terletak dkt jg berbahaya,dpt menimbukan penyakit perlahan seperti kanker,sebaiknya kurangi pengaktifan/pemakaian hp sampai dinyatakan aman kembali oleh WHO dan pagi ini jam 10.00 diharapkan hp anda tdk aktif krn infra merah akan disebarkan...!ki,in berita terbaru ttg virus hp, penting utk dibahas,tlg sampaikan kpd teman2.

11 Mei 2008 - dari sms teman
HP JGN DIAKTIFKAN SELAMA 24JAM MULAI JAM 23.00 MLM INI PUNCAK PENELPON RADIASINYA BS MEMBUNUH.Di metro TV keluar.Kasih tau yg LAIN..4ward yg laen.Gbu

12 Mei 2008 - dari ym teman
smua HANDPHONE malam ini dimatikan. Menurut METRO TV, pada jam 11 malam ini akan ada gelombang radiasi yang besar yang berbahaya utk manusia. yang akan tertangkap oleh semua hp & pemancar. Beritahu yang lain/teman2 jgan taruh hp dekat kepala



Komentar:
Berdasarkan website WHO, Director Generalnya adalah Dr. Margareth Chan (baca di sini), sementara untuk Assistant Director-General - Information, Evidence and Research, adalah Tim Evans (baca di sini)

Situs WHO dalam homepagenya tertanggal Thursday, 8 May 2008 10:33 AM, pada bagian berita terbarunya hanya menampilkan flu burung dan stop TB di Asia--sesuatu yang riil yang benar-benar perlu kita berikan perhatian ekstra; tanpa ada satu pun berita mengenai Ring in Red ini.

Sementara pencarian di Google untuk "Adi Mok" tidak membawa hasil signifikan, malahan membawa ke satu situs anti hoax juga: hoax in indonesian yang membantah hoax ini juga

Nomor penelpon yang berwarna merah memang ada pada feature iPhone Apple yang menandakan nomor tidak dikenal, tetapi bukan berarti itu akan mematikan sang penerima telpon. Sementara pada perangkat handphone lainnya yang tidak dilengkapi feature demikian, memunculkan warna merah untuk nomor tidak dikenal pada perangkat handphone sungguh merupakan prosedur yang tidak dimungkinkan. Bahkan jika berasal dari provider jaringan pun, bagaimana suatu provider jaringan bisa menentukan suatu protokol untuk memerahkan nomor-nomor tertentu dan menyusupkannya pada software handphone sang penerima telpon?

Hoax seperti ini sudah lama ada dan terjadi di banyak negara (terakhir 26 April 2008 di Kamboja), namun dalam situs detik.com kemarin, polisi telah membantah adanya korban yang tewas akibat menerima telepon misterius tersebut.

"Bohong saja itu," kata Trunoyudo pada detik.com, Kamis (8/5/2008). Bahkan isu adanya korban di Jakarta juga telah diklarifikasi sebagai tidak terdengar sama sekali di Jakarta. Polda Riau juga telah meminta bantuan sejumlah tokoh agama untuk mengatasi isu-isu ini, berita dari detik.com

Sementara itu, feature infrared yang terpasang pada perangkat handphone mensyaratkan agar infrared dapat saling berkoneksi adalah dalam rentang jarak sekitar 5 cm sampai dengan 60 cm. Microsoft dalam situsnya juga menuliskan manual bagaimana mengkoneksikan peralatan infrared dalam rentang 1 meter agar efektif. Bahkan Nokia sendiri menganjurkan agar rentang jarak antar perangkat berinfrared sebaiknya dalam rentang 30 cm!

Bagaimana dengan keamanan peralatan infrared tersebut? Baca di sini
The only legal restrictions and medical advices we were able to find on the web were concerned with infrared emissions of heat lamps or in the welding process and IEC 825-1 (CENELEC EN60825-1). This suggests that IR light as emitted by IrDA devices will be harmless, since even the peak power emitted by strong IR LEDs (ca. 300mW) is several orders of magnitude below the power emitted by medical IR heat lamps (up to 500W)
Bahkan karena perlatan tersebut dibuat seaman mungkin, tetapi itu juga hanya berlaku untuk retina mata dan bukan pada kesehatan individu maupun resiko kematian; walaupun seseorang tetap disarankan untuk mengenakan perangkat perlindungan untuk (retina) mata.

Sepanjang yang telah berhasil digoogling, tidak ditemukan mengenai bahaya infrared yang berhubungan dengan kematian langsung. Tetapi banyak situs yang malah menjanjikan infrared sebagai alat terapi kesehatan seperti gelang dan juga sauna.

Update May 10, 2008:
Dari situs hoax in indonesian diberitakan sang pelaku pengirim sms sudah ketahuan, yaitu seorang ABG, perempuan, asal Tanjung Uban, Bintan Utara, yang cuman iseng ingin mengerjai teman-temannya. Bisa dibaca di sini

Sumber: hoax in indonesian, WHO, the mercury, detik.com, wikipedia, microsoft, nokia
Sumber gambar: angkor.com

3 comments:

Juminten said...

waduh, hari ini udh baca banyak blog dgn topik ini... :( heboh bgt kayaknya.

doc_wong said...

Iya, memang isu-isu yang menghebohkan, tetapi seperti biasa: menyesatkan!

Creeper Creeper Creeper said...

Gan kok kata kawan saya itu dukun?
Gak logis kan? Masa dukun masuk internet :D hahahaha! Untung hoax,
Tapi infra merah bisa di jadikan senjata futuristik kayaknya..