Thursday, February 19, 2009

Coca Cola dan Mentos

Isi Hoax:
(Versi Inggris) A little boy died in Brazil after eating MENTOS and drinking Coca-Cola / PEPSI together. One year before the same accident happened with another boy in Brazil . Please check the experiment that has been done by mixing Coca-Cola (or Coca-Cola Light) with MENTOS . So be careful with your self eating MENTOS (POLO's) and drinking COCA-COLA or PEPSI together. CHECK THIS OUT...
PLZ PASS THIS INFORMATION TO AS MANY PEOPLE AS POSSIBLE SPECIALLY TO THE CHILDREN, BECAUSE IN OUR COUNTRY MENTOS AND COCA-COLA BOTH ARE VERY POPULAR AMONGST THE CHILDREN.

(Versi Indonesia) SEORANG ANAK KECIL DI BRAZIL MENINGGAL SETELAH MENGKONSUMSI MENTOS DAN COCA COLA/PEPSI SECARA BERSAMAAN. SATU TAHUN SEBELUMNYA TERJADI INSIDEN SERUPA. LIHAT GAMBAR TENTANG KOMBINASI/MIX ANTARA COCA COLA (ATAU MINUMAN BERSODA LAINNYA) DAN MENTOS. WALAU BELUM DIUJI SECARA KLINIS, NAMUN PALING TIDAK DENGAN GAMBAR INI KITA BISA AWARE UNTUK MENGKONSUMSI MENTOS DAN COCA COLA DALAM WAKTU BERSAMAAN.
GIMANA JADINYA KALO PROSES SEPERTI ITU TERJADI DALAM TUBUH KITA ATAU ANAK2 KITA? TERUSKAN PESAN INI, KARENA COCA COLA DAN MENTOS ADALAH MEREK POPULER YANG SERING DIKONSUMSI ANAK-ANAK.

Komentar:
Email yang beredar sejak November 2006 di Internet ini, merupakan variasi baru dari urband legend tahun 70-an tentang seorang anak yang dikenal sebagai "Little Mikey" yang meninggal akibat mengkonsumsi Pop Rocks dan minuman bersoda.

Email hoax yang beredar ini sayangnya hanya menyebutkan seorang anak tanpa nama, dan Brazil tanpa lokasi yang lebih spesifik sehingga bisa dikonfirmasikan kebenarannya. Terlebih-lebih harian lokal tidak pernah ditemukan memberitakan kejadian tersebut.

Ada sekitar 6800 video di Youtube (dan bertambah terus) yang merekam kejadian erupsi coca cola akibat dimasukkan permen mentos ke dalamnya. Tetapi media tidak pernah melaporkan adanya kematian akibat mengkonsumsi Mentos dan Coca Cola secara bersamaan.

Hoax Slayer menuliskan:
Thus, there is certainly no dispute that the experiment shown in the above photographs is genuine. However, I have found no credible reports of deaths caused by consuming Mentos and Diet Coke, in Brazil or elsewhere. Given the unprecedented popularity of Mentos and Coke experiments, there would surely be news reports and consumer warnings if serious or fatal injuries had occurred.

Sebagaimana ditulis oleh situs Hoax in Indonesian:
Namun, ingatlah bahwa botol Coca Cola itu berbeda dengan perut manusia. Ketika makan Mentos bersama Coca Cola, kedua makanan tersebut dikunyah, melewati lambung, diolah oleh enzim-enzim lambung. Sedangkan dalam eksperimen, Mentos dimasukkan begitu saja ke botol yang berisi 1,5 liter Cola. Eksperimen ini bukan merupakan analogi dari manusia makan Mentos bersama Coca Cola.
Walaupun demikian, tetap tidak disarankan melakukan eksperimen ini langsung pada tubuh manusia; sebagaimana eksperimen yang dilakukan dengan di luar tubuh manusia (menggunakan botol Coca Cola secara langsung seperti gambar di atas atau yang serupa dengannya) haruslah dibawah pengawasan orang dewasa dan dilakukan dengan ekstra hati-hati. Meskipun sampai saat ini tidak ditemukan bukti kuat tentang konsumsi Mentos dan Coca Cola secara bersamaan menyebabkan kerusakan serius pada tubuh manusia, melakukan hal tersebut tidak direkomendasikan sama sekali.

Sumber:
http://urbanlegends.about.com/library/bl_mentos_and_coke3.htm
http://urbanlegends.about.com/od/fooddrink/a/little_mikey.htm
http://www.snopes.com/horrors/freakish/mentos.asp
http://www.hoax-slayer.com/coke-mentos.shtml
http://www.youtube.com/results?search_type=&search_query=mentos+coke&aq=f
http://groups.google.com/group/Suara-Minoritas/browse_thread/thread/cd93d133daf84508#

Sumber gambar: about.com: urband legends

5 comments:

Kharianto said...

Nice info,,,

Khaidi Wong said...

@Kharianto
Thanks, Bro atas supportnya!

Anonymous said...

dengan pernyataan hoax ini berarti kita ikutan ngiklan donk, ah mending ga usah minum yg g manpaat..yg manpaat lebih banyak daripada coca cola,
enak aj ngiklan gratis, bayar donk..
ngiklanin wedang ronde khas indonesia ato kopi luwak aj..ok.
piiss

Anonymous said...

eh lo nyadar ga klo coca cola tu msk lmbng pst sm dngn kekocokan
brarti itu mah sm dngn botol coca cola yg ditutup
krn klo dittp tekananx besar saat beraksi
klo dikocok apalagi sbntr mah dah mledak

klo dikck kan brti memperbesar daya kerosakannya

mangkanya maz jngn posting ja
belajar jg donk kyk sy
hehehehehehheh
zmbg dikit
sy pny kt mutiara
"smua yg g baek pst hslx g baek"

Ok sekian dulu
MElu melu melu aku jeh

Khaidi Wong said...

@anonymous-1:
Setuju, wedang ronde atau kopi jahe lebih bermanfaat...

@anonymous-2:
Coca Cola kalo dikocok, kemudian dibuka tutupnya, maka menyemburlah dia keluar dari botolnya. Jika kemudian disamakan dengan minum dan masuk ke lambung seperti proses mengocok coca cola tadi, maka setiap peminum coca cola akan menyemburkan keluar coca colanya, sayangnya kenyataannya tidak demikian.

Tidak usah menggunakan mentos, cukup dengan garam pun, coca cola akan bereaksi menyembur keluar. Jadi ketika sayuran/makanan kita mengandung garam, meminum coca cola sesudahnya pastilah akan menyebabkan ledakan juga. Tetapi mengapa tidak terjadi demikian?

Karena botol coca cola bukanlah lambung manusia; ketika makan Mentos bersama Coca Cola, kedua makanan tersebut dikunyah, melewati lambung, diolah oleh enzim-enzim lambung....

Tetapi tentu saja kami senang sekali atas respon Anda, dan sesuai saran Anda, kami akan terus belajar lagi.

Terima kasih,
Team Hoax Hari Ini