Sunday, November 21, 2010

Udang dan Vitamin C Menjadi Racun

Isi Hoax:
Arsenic Trioxide

Dear All,

Cerita di bawah ini mohon info kepada semua teman/orang yang anda sayangi,

Peristiwa ini terjadi di Menado, ada seorang wanita meninggal mendadak dengan lima panca indera keluar darah, setelah diselidiki ternyata wanita ini meninggal bukan karena bunuh diri atau dibunuh, melainkan karena ketidaktahuan tentang racun akibat makanan.

Wanita ini ada kebiasaan minum Vit C tiap hari. Ini tidak masalah. Masalahnya, malam itu wanita ini kebanyakan makan udang. Sebenarnya cuma makan udang saja juga tidak masalah, karena orang rumahnya juga banyak makan udang malam itu dan tak ada yang meninggal..

Tetapi, karena udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5), dan berhubung habis makan udang wanita itu minum Vit C, terjadilah reaksi kimia di dalam perut yang membuat As2O5 berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun.

Ini mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga wanita itu meninggal mengenaskan dengan kelima panca indera keluar darah.

Jadi hati-hati, habis banyak makan udang jangan minum Vit C pada saat yang bersamaan.

Forwardlah email ini kepada teman2 yang anda sayangi.


Komentar:
Snopes.com memaparkan bahwa jika hal tersebut benar terjadi, pastilah dalam suatu kondisi yang sangat spesifik dan luar biasa, serta bahwa kita akan banyak menemukan kasus-kasus seperti itu pada pecinta seafood yang sehat, sebab faktanya adalah sebagai berikut:
  1. Arsenik adalah unsur dasar yang ada dalam tabel unsur dasar kimia, sebagaimana emas, yang tidak dapat dibuat dengan mencampur elemen lain untuk menciptakannya
  2. Kita tidak pernah mendapatkan laporan berita mengenai kematian yang didapatkan dari kombinasi makanan seperti itu

Wikipedia menyatakan:
Arsenic pentoxide, As2O5, is an important commercial compound of arsenic. Its usage with respect to arsenic chemistry, as well as its toxicology are similar to arsenic trioxide, As2O3
Artinya, arsenic pentoxide sama berbahayanya dengan arsenic trioxide. Dengan kata lain, tanpa harus merubahnya menjadi arsenic trioxide yang konon kabarnya melalui vitamin C itu, arsenic pentaoxide yang diklaim dalam hoax tersebut berada pada udang, sudah cukup untuk meracuni manusia yang mengkonsumsinya

Lebih lanjut dikatakan menurut wikipedia, proses perubahan arsenic pentoxide menjadi arsenic trioxide adalah melalui pemanasan
Arsenic pentoxide decomposes to oxygen and As2O3 upon heating forming arsenic trioxide

Keracunan arsenik, akan mengakibatkan gejala-gejala berikut yang bisa di baca di sini, di sini dan di sini, tetapi tidak ada gejala mengeluarkan darah dari lima panca indera (mata, telinga, lidah, kulit dan hidung), walaupun dari urine bisa bercampur darah

Artikel lain yang cukup menarik membahas hoax ini ada di sini

Beberapa resep masakan dengan bahan udang yang enak adalah sebagai berikut:

Sumber:
http://groups.yahoo.com/group/samaggiphala/message/66699
http://www.snopes.com/medical/toxins/shrimp.asp
http://en.wikipedia.org/wiki/Arsenic_pentoxide
http://en.wikipedia.org/wiki/Arsenic_trioxide
http://www.cdc.gov/NIOSH/ershdb/EmergencyResponseCard_29750020.html
http://www.pesticideinfo.org/Detail_Chemical.jsp?Rec_Id=PC35153
http://cameochemicals.noaa.gov/chemical/2528
http://thenoock.com/2010/01/misteri-vitamin-c-dan-udang.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Tomato
http://www.indonesiaindonesia.com/f/34215-manfaat-sehat-asam-jawa/
http://en.wikipedia.org/wiki/Lemon
http://female.kompas.com/read/xml/2010/08/24/12235129/pasta.udang.selai.tomat
http://female.kompas.com/read/xml/2010/05/26/1532536/Udang.Asam.Manis-12
http://www.resep.web.id/indonesia/sup-udang-lemon.htm
http://www.indonesian-culinary.com/recipe/26/159/seafood/prawn-with-spicy-lemon-sauce-_-udang-dengan-saus-lemon-pedas/

Sumber Gambar:
http://female.kompas.com/read/xml/2010/05/26/1532536/Udang.Asam.Manis-12

10 comments:

Rouen said...

waaaah hampir aja ane percaya ada kabar itu dari temen ane :D

Anonymous said...

waaahh . . tapi ada yg bilang org itu krn mengonsumsi vitamin C suplemen, dosis tinggi, bs 500-1000 mg. Yg mungkin efekx bs agak beda. Sdgkn vit. C alami dari buah2an, ato cmn sekedar es jeruk saat menyantap seafood, vit. C nya g seberapa utk menimbulkan reaksi ini. Bingung, gmna tanggapanx ???

Khaidi Wong said...

@Rouen, iya, hoax memang dibuat dengan suatu cara tertentu agar kita terbuai untuk mempercayainya

@Anonymus, artikel hoax di atas tidak dapat menjelaskan hal-hal bahwa: arsenic tidak dapat dibuat dengan mencampurkan zat kimia apapun, melainkan merupakan unsur kimia dasar. Kedua, jika memang udang mengandung arsenik pentoxide--yang tidak kalah berbahayanya, maka tanpa harus minum vitamin C pun, sudah cukup untuk meracuni manusia yang mengkonsumsinya

yennnnn said...

hari ini ada pesan berantai tentang arsenic pentaside yang bereaksi menjadi arsenic trioxide karena mengkonsumsi mie dan coklat..

gimana tanggapannya???

Anonymous said...

ada juga tuh sekarang beritanya tentang coklat + mie goreng, tata bahasa, kandungan racun sama semua. apa pengen buat gempar publik ya -.-

baby.roedy said...

skalian ajatuh bikin berita makan nasi sama ikan goreng bisa mati... Bisa sih mati klo mkn ikan buntal

William Timothy said...

GW TERJEMAHIN INI KE INGGRIS:
http://williamsingal4853.blogspot.com/2013/07/shrimp-with-vitamin-c-is-hoax.html

Albert Tan said...

Gw baru aja makan udang yg ada di dalam kwetiau grg seafood trus minum vitmin U-C1000.... LoL.. Hoax nya sampe segitu... berlanjut sampe thn 2013 ini.. ampun deh..

Alamanda said...

Masih sering muncul nih gan hoax beginian di broadcast ane. Huft banget deh sama yang nyebarin. Thx gan sudah mau sharing ^^

putra sulung said...

PENIS TEKUK MANUAL
KLG OBAT PEMBESAR PENIS
ALAT MASTURBASI WANITA
BLUE WIZARD PERANGSANG WANITA
PENIS GETAR SILIKON ALAT BANTU SEX WANITA
SEX TOYS VAGINA GETAR GOYANG
VAKUM ALAT PEMBESAR PENIS
CELANA HERNIA KESEHATAN
VIGRX PLUS USA
LINTAH OIL PEMBESAR PENIS
PERANGSANG PERMEN KARET
DILDO VIBRATOR WANITA
SEX TOYS VAGINA BUATAN
OBAT KUAT SEX PRIA CIALIS
PEMBESAR PAYUDARA ALAMI
OBAT PENGGEMUK BADAN
KONDOM SAMBUNG UNIK
OBAT PEMBANGKIT GAIRAH WANITA
PENIS IKAT PINGGANG LESBI
KONDOM BADAK SILIKON
PENAMBAH SPERMA SEMENAX HERBAL
VIBRATOR 2 KEPALA
OBAT KUAT PRIA SEMPROT
PENIS MAJU MUNDUR
CREAM PEMBESAR PAYUDARA
OBAT PERAPAT VAGINA