Saturday, August 30, 2008

Jangan Gunakan Handphone Selama Dicharge

Isi Hoax:
HARAP DIBACA, MUDAH2AN ANDA TIDAK MELAKUKAN HAL YANG SERUPA!!
1. "Jangan charge HP anda semalaman dan JANGAN ditaruh dekat anda ketika mencharge."
2. "Jangan pernah menjawab panggilan masuk ke HP saat sedang di charge!!"
Beberapa hari yang lalu, seorang laki2 sedang mencharge HP di rumahnya. Disaat yang bersamaan, ada telepon masuk dan dia menjawabnya saat HP tersebut masih tersambung ke kontak listrik. Setelah beberapa detik, arus listrik masuk ke HP tanpa kendali dan pria muda tersebut terlempar ke lantai dengan kerasnya. Orangtuanya bergegas datang ke kamarnya dan menemukan dirinya pingsan, dengan detak jantung yang lemah dan jari terbakar. Dia dilarikan kerumah sakit terdekat, tapi "jiwanya sudah tak tertolong lagi" ketika sampai dirumah sakit.

HP adalah penemuan modern yang sangat berguna. Tapi, kita harus berhati2 karena HP bisa menjadi penyebab kematian. Jangan pernah menggunakan HP bila masih tersambung ke kontak listrik !!

FORWARD EMAIL INI KE ORANG2 YANG BERARTI DALAM HIDUP ANDA!!

Komentar:
Hoax tersebut di atas merupakan sesuatu yang dikaitkan dari kejadian pada Agustus 2004 seorang India berusia 31 tahun yang tersengat listrik saat menerima telepon ketika handphone tersebut sedang dicharge.

Menurut urbandlegend.com, adalah cukup fair untuk mempertimbangkan adanya kemungkinan handphone atau alat charger tersebut tidak dalam kondisi yang baik karena :
  1. Tidak ada laporan yang lain atau cukup signifikan tentang peristiwa tersengat listrik saat menggunakan telpon yang sedang dicharge
  2. Dalam kondisi normal, listrik yang dihasilkan dari charger tidak akan cukup kuat untuk menyengat dan membunuh siapapun.
  3. Produsen handphone tidak pernah memberikan peringatan akan bahaya dari penggunaan handphone saat sedang dicharge; satu hal yang cukup riskan jika mereka tahu akan resiko tersebut dan tidak mencantumkannya sebagai peringatan pada manualnya, karena mereka bisa dituntut untuk itu.

Namun memang terdapat banyak laporan tentang handphone yang meledak. Hal itu terjadi bukan hanya ketika sedang dicharge, melainkan juga saat sedang berada dalam saku celana, atau saat sedang dipakai secara normal, sebagaimana ditulis oleh hoax-slayer:
In the majority of cases, faulty, counterfeit or damaged batteries cause such explosions. It should be noted that these battery explosions do not only happen while the phone is being charged. Phones have exploded while in the pockets of users or while being used in the normal way, not just while they were plugged into chargers.

Urbandlegend.com melaporkan bahwa kebanyakan dari kejadian tersebut adalah akibat penggunaan baterai handphone yang "tidak resmi":
Which is not to say no one has ever been injured by a cell phone. Over the past few years there have been numerous reports of cell phones exploding or catching fire, causing injury to their owners. Most of these incidents were blamed on the use of unauthorized and/or faulty batteries.

Nokia sendiri telah menarik banyak baterai tipe BL-5C terkait dengan berbagai laporan di atas yang bisa dicek di sini.

Sumber tulisan:
http://groups.yahoo.com/group/samaggiphala/message/47814
http://www.hoax-slayer.com/cell-phone-charging.html
http://urbanlegends.about.com/library/bl_cell_phone_electrocuted.htm
http://cellphones.about.com/b/2003/11/03/a-third-nokia-phone-explosion-seems-to-confirm-the-cheap-battery-explanation.htm
http://cellphones.about.com/b/2007/08/14/nokia-dangerous-batteries-recall-is-your-phones-battery-in-the-list.htm
http://batteryreplacement.nokia.com/batteryreplacement/en/


Sumber gambar: hoax-slayer

4 comments:

krishna said...

henpon aku meledak waktu di cas. siemens c25 ku yang malang. aslinya, bukan today hoax.. kasurku kebakar, mungkin dari pecahan batre yang meledaknya. untung aku belom mau tidur waktu itu. mau bukti? aku ada buktinya. aku kumpulin serpihan c25 itu. kenapa serpihannya aku kumpulin? sebab itu henpon pertamaku, yang dibeli dari nabung berbulan-bulan.

sendal jepit user said...

Thanks atas responnya Pak Krishna...

Sungguh menyesal mendengar kabar tersebut, apalagi handphone yang dibeli dengan uang yang dikumpulkan selama berbulan-bulan.

Sebagaimana gaji pertama, handphone pertama selalu mempunyai kenangan tersendiri.

Yang menjadi topik hoax di sini adalah bahwa selama dicharge, handphone tidak baik digunakan.

Ternyata, menurut laporan yang ada, handphone yang meledak, tidak cuma selama dicharge, bahkan berada di dalam saku celana, atau bahkan di dashboard mobil. Jadi bukan melulu karena dicharge.

Banyak dari kasus diatas adalah karena penggunaan baterai palsu atau baterai yang ternyata bermasalah. Silahkan klik link di atas.

Bye the way, Anda sudah klaim ke Siemen untuk hal ini, jika pembelian handphone anda masih bergaransi?

Kabarin ke kita terus ya perkembangan soal ini.

Salam,
Hoax Hari Ini Team

rian said...

halo, saya punya hp nokia type N70. bateray hp tuh gak mau dicas,padahal hp tuh gak dipakai malahan kadang2 dimatikan.
pada layar ada tampilan pengisian bateray, tapi klo kita biarkan selama 3 jam, bateray tuk gak nambah malahan makin habis bateraynya.
pernah saya coba dengan bateray nokia yang lain. sama juga hasilnya.

kenapa ya?
plis help me hoax
thanks

rian

http://cody.id/produk/pinset/pinset-cody-cd18/ said...

bener sekali karena sangat berbahaya...
http://cody.id/produk/pinset/pinset-cody-cd18/