Tuesday, April 22, 2008

Pin ATM Terbalik Untuk Memanggil Polisi


Isi Hoax:
Jika anda sedang terancam jiwanya karena dirampok/ditodong seseorang untuk mengeluarkan uang dari atm, maka anda bisa minta pertolongan diam2 dengan memberikan nomor pin secara terbalik, misal no asli pin anda 1254 input 4521 di atm maka mesin akan mengeluarkan uang anda juga tanda bahaya ke kantor polisi tanpa diketahui pencuri tsb. Fasilitas ini tersedia di seluruh atm tapi hanya sedikit orang yang tahu tolong kasih tahu kepada yang lain.

Komentar:
Hoax ini kemungkinan dikembangkan dari peraturan daerah Negara Bagian Illionis, Amerika Serikat SB 562 yang mendefinisikan sistem semacam ini, walaupun tidak mengharuskannya. Sistem ini juga tertulis pada rencana peraturan daerah negara bagian Georgia SB 379 yang belum diratifikasi, dan terakhir pada peraturan daerah negara bagian Kansas SB 333 yang gagal untuk diberlakukan.

Joseph Zinger, dari Chicago, seseorang yang mencoba menjual ide pin atm terbalik di atas dengan nama SafetyPin di tahun 1994, tidak pernah berhasil melakukannya.

Lagipula, jika suatu bank benar-benar mengaplikasikan sistem tersebut, hal yang pertama dilakukan adalah memberitahu kepada pelanggannya akan feature tersebut beserta cara menggunakannya. Bahkan, jika hal tersebut benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan keamanan bagi nasabahnya, tentu saja tidak akan butuh waktu yang lama bagi pihak perbankan untuk segera mengaplikasikan sistem tersebut.

Menurut Priyadi--yang sudah pernah mencobanya secara langsung oleh dirinya sendiri ke ATM Bank Mandiri dan BCA, namun mesin ATM hanya mengeluarkan pesan error bahwa PINnya salah dan tidak ada satu pun polisi yang mendatanginya--bahwa:
Intinya, ada undang-undang yang mendefinisikan sistem semacam ini, tetapi tidak mengharuskan atau undang-undangnya sendiri tidak atau belum berlaku. Sepanjang pengetahuan saya, belum ada ATM yang mengimplementasikan sistem seperti ini.

Pemikiran paling sederhana, bagaimana jika PIN Anda adalah angka yang sama semua, semisal: 1111 ?

Sumber: Priyadi, Urband Legend, Trend Micro, Hoax Slayer
Sumber gambar: global-b2b-network

3 comments:

Rivai said...

Tanya: Bagaimana bila PIN Anda dalam angka yang sama? misal: 1111

Jawab: Maka polisi akan datang setiap kali Anda bertransaksi di ATM. Haha.

doc_wong said...

@Rivai:
Wakakaka, Anda benar!

Anonymous said...

Gakk papalah,biar polisi ada kerjaan tambahan..hahhahaha